Thursday, May 20, 2010

Percobaan blackberry ice cream

Penasaran terus ya kalau sama es krim. Maunya sih beli, tapi kalau kantong lagi cekak lumayan bow. Trus, katanya dalam es krim kemasan itu banyak zat pengawetnya. Secara nih, maunya hidup sehati, jadi kucoba bikin es krim sendiri. Gampangnya sih pake ice cream maker. Tp belom tau ya di sini bisa dibeli di mana. So, kucoba-coba deh, setelah berguru dari beberapa channel memasak luar negeri. hehehe... lumayan nih. Anakku suka banget, suamiku juga suka. Bahannya juga simpel: susu, telor, vanili, gula, blackberry.

Sebenarnya ini bukan percobaan pertama, tapi hasil es krim yg dulu2 kaenya lebih katro dan kurang layak... hehehe.... Pastinya bakal bikin percobaan lagi sih. Sementara, inilah hasilnya....

Bahan:
- 1,5 liter susu
- 12 sdm gula pasir
- 4 kuning telur
- 1 sdm vanili cair
- 100 gram blackberry segar (hancurkan)

Cara membuat:
- Rebus susu dan gula dengan api kecil, sambil diaduk terus-menerus agar tidak menggumpal.
- Tambahkan vanili.
- Kocok kuning telur sampai rata, lalu tuangkan beberapa sendok susu ke dalam kocokan telur, dan kocok  lagi sampai tercampur rata, lalu tuangkan ke dalam rebusan susu dan gula. Aduk terus selama beberapa menit. Lalu matikan api.
-Siapkan wadah tahan beku, tuangkan campuran susu ke dalam wadah, biarkan sampai suhu turun, setelah itu simpan dalam freezer hingga menjadi beku.
- Aduk-aduk adonan es krim beku dengan sendok kayu sampai lumat, atau gunakan mixer, setiap 1-2 jam hingga tercapai tekstur yang diinginkan, yaitu agak lembut. Setelah itu masukkan blackberry yang sudah dihancurkan, aduk-aduk sampai tercampur (tidak perlu merata untuk memberi tekstur warna yang berbeda), dan kembali simpan di dalam freezer sampai membeku kembali. Tunggu sampai kira-kira 2 jam, dan es krim siap dinikmati.

No comments:

Post a Comment