Sunday, March 20, 2011

My Secret Weapon to Indian Food

Who needs trouble to cook a good food? Not me definitely. Sepanjang hidup ini, saya belum pernah memasak rendang. Bukan nggak doyan, tapi ribetnya itu nggak nahan. Mendingan beli aja deh di restoran padang, dijamin pasti enak. Atau sukur-sukur ada yang mau masakin, itu lebih bagus lagi. Kalau gulai kepala kakap sih masih oke lah aku handle di dapur. Biarpun ada yang jual bumbu rendang yang sudah jadi, tetep aja lah ribet. Enakan beli hehehe.

Hal yang sama juga terjadi pada makanan India. Setelah beberapa kali mencicipi berbagai menu makanan India, dipikir-pikir rasanya mirip. Kalau dipelajari juga rata-rata bumbunya sama, menggunakan garam masala, yang  sama sekali bukan jenis garam melainkan adalah kombinasi rempah-rempah. Dalam bahasa Hindi garam berarti panas, dan masala berarti rempah-rempah.  Biasanya garam masal terdiri dari: merica hitam, merica putih, cengkeh, daun kari, daging buah pala, kayu manis, jintan hitam, jintan, bunga lawang/pekak, kapulaga hijau dan putih, ketumbar, yang seluruhnya dihaluskan. Di beberapa daerah di India bahkan ada juga yang ditambahkan biji pala dan adas. Nah, kebayang kan ribetnya mencari rempah-rempah itu. Rata-rata rempah-rempah itu memang bisa diperoleh di sini. Tapi teteplah, judulnya ribet.


Namun, pencarian saya di supermarket membuahkan hasil. Bukan bermaksud promosi, tapi memang saya baru menemukan satu merek ini di sini, Asian Home Gourmet. Kayaknya made in Singapore, beli online juga bisa. Sudah dicoba berkali-kali, rasanya nggak jauh beda sama rasa masakan India otentik yang saya rasai di restoran India, yang kokinya asli dari Hyderabad. Bedanya mungkin penyajiannya, kalau di restoran jelas lebih berkelas hehehe. Tapi sejauh ini saya puas pakai bumbu jadi ini. Lagipula bumbu ini mengklaim diri telah 'vegan approved' jadi amanlah untuk dimakan. Berhubung biaya yang dikeluarkan untuk makan di restoran India cukup menguras kocek kalau dilakukan setiap minggu, maka bumbu jadi ini sangat memanjakan kerinduan lidah saya akan cita rasa India. Sekali masak satu bungkus bumbu bisa untuk 3 orang. Murah dan irit!

No comments:

Post a Comment