Sunday, November 14, 2010

Berkenalan dengan Anchovy

Anchovy. Nama yang selalu bikin penasaran. Di Indonesia konon sama dengan ikan teri asin, tapi ada yang bilang beda juga, karena Anchovy itu nama jenis ikan. Selidik punya selidik, Anchovy memang ikan teri atau ikan bilis, masih anggota keluarga Engraulidae, yang panjangnya maksimum 23 cm, tapi yang umum itu 5 cm. Dan anchovy memang biasa diawetkan dengan cara diasinkan.

Begitu banyak resep yang menyertakan anchovy sebagai ingredient atau bahan makanan. Sampai bertanya-tanya, emang kalau ga pake ikan ini rasanya beda ya? Berbulan-bulan saya berburu bahan ini. Tapi hampir tidak ada di supermarket lokal. Bahkan di supermarket yang menjual bahan impor saja tidak ada. Keburu habis. Akhirnya bertemulah saya dengan bahan ini. Tersembunyi di sebuah rak supermarket yang nyaris tak terjamah. Harganya lumayan mahal. Apalagi kalau dibandingkan dengan ikan asin di sini. Bagaikan bumi dan langit.

Maka sesampainya di rumah saya biarkan kaleng anchovy itu tergeletak di rak. Bingung, mau dimasak apa ya? Di dalam kaleng itu, ikan anchovy direndam minyak zaitung. Iseng-iseng saya coba cicipi. Alamak... asin!!! Akhirnya setelah melihat-lihat resep selama beberapa hari, ikan ini berakhir sebagai campuran pasta. Dan rasa asinnya benar-benar sulit dinetralisir. Ini pengalaman pertama memasak menggunakan anchovy. Mungkin nanti bisa menemukan resep yang lebih baik. Biarpun rasanya sayang juga membeli anchovy sekaleng kecil dengan harga hampir 40 ribu!

12 comments:

  1. anchovy itu biasa untuk bahan caesar dressing

    ReplyDelete
  2. Anchovy biasanya dipakai untuk membuat broth ttaebokki.....

    ReplyDelete
  3. I LIKE ANCHOVIE
    BALIEKABALI NATURAL
    WWW.BALIEKABALINATURAL.COM
    http://balispaequipment.blogspot.com
    call service :081916221854 / 085102879004

    ReplyDelete
  4. Wkwkwk anchovies itu ikan teri.Cape2 beli kalengan impor, padahal teri medan sudah bagus dan paling enak rasanya. Asinannya jg tidak lebay sperti produk kalengan impor

    Kebanyakan orang Indo tuh suka latah, makanan namanya kebarat2an eh taunya di Indo dah banyak versi lokal dan lebih enak pula. Pgn elite pake produk impor, produk lokal ternyata ada, lebih murah lebih bagus hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mngkn bijak kalo kita pengen masak westen food, kita pelajari dulu ingredientsnya apa aja dan sprti apa wujudnya. Jd bisa nyari bahan yg lokal aja yg rasanya mirip2. Hehehe hemaat

      Delete
  5. Anchovy beda boss sama teri.Anchovi hidup di pedalaman 3680 km-11000 km di laut chile dan peru.Anchovy memiliki kadar EPA-DHA paling tinggi dgn ko ntaminasi paling rendah.Kalau gak salah ada obat yg terbuat dari ikan anchovy yang namanya obatnya CORMEGA

    ReplyDelete
  6. betul,anchovy beda dengan teri(persamaannya sama2 ikan kecil)..kadar epa dha nya lebih tinggi dari salmon.cormega dengan bahan baku anchovy memiliki epa dha 80%,beda dengan omega 3 yang saat ini ada dipasaran kandungan epa dha hanya 30%an.

    ReplyDelete
  7. maksudnya samain achovies bukan berarti harus sama sampe kandungannya , cara hidupnya bla bla.. tp bisa ga ikan teri dipake pengganti (substitutes) caesar salad dressing???

    ReplyDelete