Saturday, October 16, 2010

Delicious Broccoli

Nggak suka brokoli? Bisa jadi. Aku sih nggak ada masalah sama sayuran yang satu ini. Memang sih, kadang-kadang aromanya agak mengganggu di dapur. Tapi kalau soal rasa, no problemo lah. Asik-asik aja. Tapi, pada suatu hari, aku pernah menumis si hijau ini, dan aromanya di piring saji kok agak mengurangi selera makan, mirip-mirip bau gas elpiji. Rasanya di lidah juga sedikit langu. Mungkin saking segernya jadi brokoli itu mengeluarkan aroma yang tajam. Mestinya sih bagus-bagus aja. Sayuran semakin segar, kan semakin bagus. Cuman, kalau selera makan lagi nggak tinggi, lumayan mengganggu nih.


Akhirnya memang selama beberapa waktu aku berhenti mengonsumsi brokoli. Bukan kapok sih, tapi jeda dulu lah, karena aku termasuk sering masak sayuran ini. Tapi jujur aja, cara masaknya itu-itu aja, tumis dan tumis lagi. Kalau lagi rajin dibikin salad, dikombinasi sama sayuran yang lain. Tapi kalau lagi malas... tumis lagi, tumis lagi. Bosen ah! Belum lagi aroma elpiji dan rasa langunya masih terbayang-bayang. Lama-kelamaan kangen juga sama brokoli. Apalagi katanya bisa jadi antikanker lho!

Setelah sering liat tayangan acara masak-memasak di televisi, aku baru ngeh kalau brokoli ternyata bisa dimasak macam-macam. Salah satu cara jitu untuk mengalahkan aroma dan langunya adalah dimasak pakai bumbu masala ala India. Cara lain untuk mengolah brokoli biar jadi makanan yang enak adalah dicampur pasta, goreng tepung kayak tempura, dan banyak lagi cara lain. Tapi akhirnya aku nemu cara singkat untuk mengolah biar jadi enak dan terutama digemari anak-anak: brokoli keju panggang. Sama sekali nggak ribet bikin makanan ini. No sweat, kata orang Amerika. Bahannya cuma brokoli, keju cheddar lembaran, garam, merica, minyak zaitun sedikit. Caranya: masukkan brokoli yang sudah dipotong-potong ke pinggan tahan panas. Lalu bumbui dengan minyak zaitun, merica dan garam sesuai selera, dan sampai merata. Letakkan keju cheddar lembaran di atasnya sampai seluruh permukaan brokoli tertutup keju. Panggang di oven selama 20-25 menit. Jadi deh! Yang tercium hanya aroma keju nan wangi...hmm....

No comments:

Post a Comment